Hadits Mengenai Syetan

Dalam pengajian tafsir Al-Quran yang rutin dilaksanakan setiap hari Selasa bakdho Isya' di Masjid Nurul Huda Temon, ustadz Kadirun menyampaikan materi mengenai hadits-hadits mengenai syetan. Ustadz Kadirun menggantikan Ustadz Tohari bin Misro yang biasanya membimbing pengajian tafsir Al-Quran di Masjid Nurul Huda Temon dikarenakan beliau sedang menunaikan ibadah haji. Informasi mengenai keberadaan serta bagaimana syetan mengganggu dan menjerumuskan manusia telah dijelaskan dalam Al-Quran serta disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam beberapa hadist yang sahih sehingga diharapkan umat manusia mampu menyikapinya dengan benar.


"Apabila kamu membaca Al-Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syetan yang terkutuk" ( QS. An Nahl : 98 )

Berikut beberapa hadits mengenai syetan :
  1. Syetan Mengalir Mengikuti Darah Manusia
    Rasulullah bersabda : "Sungguh syetan itu berjalan pada tubuh manusia mengikuti aliran darah" ( HR. Bukhori, Muslim, Abu Daud, Turmudzi, Ibnu Majah dan Ahmad )
  2. Syetan Mulai Berkeliaran di Permulaan Malam
    Dari Jabir r.a. dari Rasulullah SAW beliau bersabda : "apabila malam datang ( sebagian malam tiba , maka kumpulkanlah anak-anak kecil kalian, karena sungguh syetan berkeliaran saat itu, nanti jika saat 'Isya sudah berlalu, maka bebaskanlah mereka, dan kuncilah pintumu sambil menyebut asma Allah, matikanlah lampumu sambil menyebut asma Allah, ikatlah wadah-wadah airmu sambil menyebut asma Allah, tutuplah wadah-wadah airmu seraya menyebut asma Allah meskipun hanya sekedar kamu menyilangkan sesuatu padanya". ( HR. Bukhori )
  3. Syetan Tidak Memasuki Rumah yang Dibacakan surat Al-Baqoroh
    Dari Abu Hurairah r.a. Rasulullah bersabda : "Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan-kuburan, karena sungguh syetan akan lari dari rumah-rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al-Baqoroh".Dari Ibnu Mas'ud al Badriy r.a Rasulullah bersabda : "Dua ayat dari surat Al-Baqoroh, barangsiapa membacanya dalam satu malam, maka cukuplah baginya". 
  4. Syetan Mengikat Rambut Kepala Orang yang Tidur Menjadi Tiga Ikatan
    Dari Abu Hurairah r.a. Rasulullah bersabda : "Syetan akan mengikat rambut kepala salah seorang diantara kalian apabila tidur menjadi tiga ikatan, pada setiap ikatan syetan mengatakan "malam panjang tidurlah kamu", maka jika ia bangun lalu berdzikir kepada Allah maka satu ikatan akan lepas, jika ia kemudian berwudu maka satu ikatan lagi lepas, jika ia kemudian sholat maka terlepaslah semua ikatan, maka ia akan tumbuh dengan perangai yang baik, dan jika tidak seperti itu maka ia akan berperangai jelek yaitu malas". ( HR. Bukhori )
  5. Syetan Mengencingi Telinga Orang yang Tidur Sepanjang Malam Hingga Subuh
    Dari Abdullah r.a. berkata, disebut-sebut di sisi Rasulullah seseorang tidur sepanjang malam hingga subuh, Rasulullah berkata : "Orang ini dikencingi syetan pada kedua telinganya, atau ia bersabda pada telinganya". ( HR. Bukhori )
  6. Syetan Tidur di Rumah yang Tidak Disebut Asma Allah di Dalamnya
    Dari Jabir r.a. dia mendengar Rasulullah bersabda : "Jika seseorang masuk ke rumahnya sambil menyebut asma Allah ketika memasukinya dan menyebut asma Allah dalam makanannya, maka syetan berkomentar kepada temannya " tidak ada tempat bermalam bagi kalian, dan tidak ada makan malam" dan jika seseorang masuk rumahnya tidak menyebut asma Allah ketika memasukinya, maka syetan berkata kepada temannya "kalian memperoleh tempat bermalam", dan jika ketika makan tidak menyebut asma Allah, maka syetan berkomentar "kalian memperoleh tempat bermalam dan makan malam". ( HR. Muslim )
  7. Syetan Tidak Tidur Siang
    Dari Anas bin Malik r.a. ia berkata, Rasulullah bersabda : "Tidur sianglah kalian, sungguh syetan tidak tidur siang".
  8. Syetan Mengganggu Orang yang Sedang Sholat
    Dari Abu Hurairah r.a. Rasulullah bersabda : "Jika adzan sholat dikumandangkan, maka syetan akan lari terbirit-birit sambil terkentut-kentut hingga tidak bisa mendengar suara adzan, kemudian jika adzan selesai dikumandangkan, maka ia datang lagi hingga dibacakan iqomat untuk sholat ia lari lagi, jika selesai iqomat, ia akan datang lagi mengganggu orang yang sedang sholat dengan membisiki "ingat ini, ingatlah itu" hingga orang sholat tidak ingat sudah berapa roka'at ia sholat". ( HR Bukhori )
  9. Syetan Masuk Shof yang Tidak Rapat
    Dari Anas bin Malik r.a. Rasulullah bersabda : "Rapatkanlah shof-shof kalian, dan saling mendekatlah dan berdampinganlah kalian dalam leher-leher, demi Zat yang jiwaku ada di tangan-Nya, sungguh aku melihat syetan masuk di celah-celah shof seolah-olah ia anak domba". ( HR. Abu Daud dan Ahmad )
  10. Masuk ke Relung Jiwa Orang yang Sholat
    Dari Abu Hurairah r.a. Rasulullah bersabda : "Sungguh syetan masuk diatara bani Adam dan diantara jiwanya, maka ia (manusia) tidak tahu berapa ia telah sholat, maka apabila ia mendapati kejadian seperti itu (ia lupa berapa raka'at), hendaklah ia sujud dua kali sujud sebelum ia salam". ( HR. Ibnu Majah )
  11. Syetan Menguasai Tiga Orang yang Tidak Mendirikan Sholat Berjamaah
    Dari Abu Darda' ia berkata, aku mendengar Rasulullah bersabda : "Tak ada tiga orang di kampung atau padang sahara dimana mereka tidak mendirikan sholat (berjama'ah), kecuali sungguh syetan telah menguasainya, oleh karenanya wajib bagi kalian selalu berjama'ah, karena sungguh serigala hanya akan makan anak kambing yang terpisah". 
  12. Syetan Tertawa Jika Ada Orang yang Menguap Mengeluarkan Suara HAAA..
    Dari Abu Hurairah r.a. Rasulullah bersabda : "Menguap itu dari syetan, maka jika salah seorang dari kalian menguap hendaklah ia menahannya sekuat tenaga, sungguh jika ia (menguap) sambil bersuara HAA, maka syetan akan tertawa-tawa". ( HR. Bukhori )
    Dari Abu Sa'id dari bapaknya, Rasulullah bersabda : "Apabila salah seorang diantara kalian menguap, maka hendaklah ia menahan mulutnya dengan tangannya, karena sungguh syetan akan masuk". ( HR. Muslim )
  13. Syetan Makan dan Minum dengan Tangan Kiri
    Dari Abu Umar, Rasulullah bersabda : "apabila salah seorang dari kalian makan maka hendaklah ia makan dengan tangan kanannya, dan apabila ia minum maka hendaklah dengan tangan kanannya, karena sungguh syetan makan dan minum dengan tangan kirinya". ( HR. Muslim )
  14. Syetan Tidak Berdaya Terhadap Orang yang Tawakal kepada Allah
    Dari Anas bin Malik r.a. Rasulullah bersabda : "Jika seseorang keluar dari rumahnya sambil berdoa "bismillaahi tawakkaltu 'alallaahi laa haula walaa quwwatailla billaah", maka dijawablah "Anda telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dijaga", maka syetan-syetan pada menyingkir, bahkan berkata kepada yang lainnya "tak ada daya bagimu terhadap orang yang sudah diberi hidayah/petunjuk, dicukupi dan dijaga".
  15. Syetan Membisiki Telinga Dukun
    Dari Aisyah r.a. Rasulullah bersabda : "Sungguh malaikat turun ke 'anan, yaitu awan lalu menyebut-nyebut urusan yang diputuskan di langit, lalu syetan-syetan mencuri dengar kemudian dibisikkan ke para dukun, lalu mereka berdusta bersama para syetan sebanyak seratus kedustaan yang diambilkan dari diri mereka sendiri". ( HR. Bukhori )
  16. Syetan Bisa Dilihat oleh Keledai
    Dari Abu Hurairah r.a. Rasulullah bersabda : "Jika kalian mendengar ayam jantan berkokok, maka mintalah kalian kepada Allah akan anugerahNya, karena ia sungguh melihat malaikat, dan jika kalian mendengar ringkikan keledai maka mohonlah kalian perlindungan kepada Allah dari syetan, karena sungguh ia melihat syetan". ( HR. Bukhori )


Demikian sedikit yang bisa kami sampaikan mengenai beberapa hadits yang membahas tentang syetan. Semoga bisa bermanfaat.


1 komentar:

  1. Alhamdulillaaah, blog nya bagus & materi hadist ini juga bagus utk menjaga akhlak.

    Wassalam,
    MONO kidulpasar @Samarinda

    BalasHapus

Blog ini adalah Blog DoFollow..
Silahkan tinggalkan komentar anda..
Terima Kasih telah berkunjung di Blog ini..