Sholat Idul Fitri 1433 H

Idul Fitri 1433 H jatuh pada hari Minggu 19 Agustus 2012. Masyarakat jemaah Masjid Nurul Huda Temon melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri di Lapangan Temon. Sekitar kurang lebih 1500 jemaah memadati lapangan temon. Pelaksanaan Sholat Ied dimulai tepat pukul 06.30 WIB. Tidak seperti tahun-tahun kemarin pelaksanaan ibadah sholat Ied kali ini memang dimulai lebih awal/pagi dikarenakan agar jemaah lebih terasa nyaman tidak kepanasan. Meskipun dimulai lebih awal, alhamdulillah tidak ada jemaah yang tertinggal karena sebelumnya sudah disosialisasikan bahwa pelaksanaan ibadah sholat Ied dimulai tepat pukul 06.30 WIB.


Sholat Ied dipimpin oleh Bpk. H. Muh Suwardi selaku imam sekaligus khotib. Karena kebetulan 1 Syawal 1433 H kali ini datang tanggal 19 Agustus yang masih berdekatan dengan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, dalam khotbahnya beliau mengingatkan kepada seluruh jemaah bahwasannya kemerdekaan bangsa ini adalah berkat rahmat Alloh sesuai yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alenia III, tanpa berkat rahmat-Nya mustahil kita dapat mencapai kemerdekaan. Dengan menyadari hal tersebut tentunya akan menghilangkan rasa sombong, congkak, takabbur dan semacamnya. Kesadaran itu juga akan membentuk sikap mental yang baik sehingga kita menjadi manusia yang pandai mensyukuri nikmat dan rahmat Alloh. Mensyukuri nikmat karunia Alloh berupa kemerdekaan jelas tidak cukup dengan ucapan dan kata-kata, tapi harus dinyatakan, direalisasikan, dan dibuktikan dengan amal perbuatan nyata. 
Beliau juga menyampaikan makna dari Idul Fitri yang bermakna kembali ke fiitrah. Fitrah manusia adalah sebagai makhluk berakal yang berdimensi individual, sosial sekaligus spiritual. Hal tersebut tergambar dalam hari raya Idul Fitri sebagai manifestasi kemenangan dalam menundukkan hawa nafsu dengan harapan setelah Idul Fitri hal tersebut masih dapat berlanjut kedepan karena sebenarnya pertempuran melawan hawa nafsu bukan hanya di waktu Bulan Ramadhan saja melainkan sepanjang waktu. Idul Fitri kali ini hendaknya menjadi modal untuk bertempur sepanjang tahun melawan hawa nafsu sampai Idul Fitri tahun depan. Idul Fitri bukan bermakna kemenangan yang semu melainkan saat dimulainya perjuangan yang tiada henti, berjuang untuk meningkatkan kualitas manusia dari taqwa menjadi berserah diri kepada Alloh SWT.

Alhamdulillah, infaq yang terkumpul dari pelaksanaan sholat Idul Fitri 1433 H kali ini sebesar Rp 7.688.000 yang insyaalloh akan dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Demikian sedikit yang bisa kami sampaikan mengenai Idul Fitri 1433 H kali ini, semoga bisa bermanfaat. Amin.



1 komentar:

  1. Assalamualaikum wr.wb
    Bagi saudara-saudara kaum muslimin yang ingin mencari Bedug untuk musholla dan masjid.
    kami adalah pengrajin yang beralamat da jl. raya gempolkerep 183 mojokerto - jawa timur 03213368998-08563071834
    dan siap kirim baik dalam kota maupun luar kota.
    untuk info lebih jelas masalah harga :
    www.beduglanggeng.blogspot.com

    BalasHapus

Blog ini adalah Blog DoFollow..
Silahkan tinggalkan komentar anda..
Terima Kasih telah berkunjung di Blog ini..